Tips giveaway


Alasan pemilik blog untuk mengadakan giveaway :
1. Meningkatkan follower blog 
2. Nambahin trafik ke blog
3. Bagus untuk promosi blog / website plus nambahin pengikut sosial media kamu, seperti facebook / twiter
4. Bisa jadi iklan gratis buat barang2 yang kamu jual
5. Bisa dapet sponsor dari brand tertentu, contoh : kamu punya blog mengenai kecantikan, kamu bisa dapet sponsor dari website yang menjual produk2 kecantikan.

Terus bagaimana cara mengadakan giveaway supaya giveaway blog kamu lancar plus banyak partisipan ?
Simak tips2 dibawah yuk..!
 
1. Pilih barang yang bagus

Jangan terlalu pelit waktu mengadakan giveaway, jangan pilih barang gara2 murah, atau barang jualan kamu yang nggak laku-laku. Selain bikin partisipan kamu males,
kamu bisa mendapat lebih banyak partisipan kalau kamu memberi barang yang mewakili blog kamu. Selain itu, jangan lupa pemberi giveaway harus bayar ongkos kirim buat barangnya, jadi jangan kasih barang yang terlalu berat, atau gampang pecah.

2. Jangan menyamakan giveaway dengan kontes

Kebanyakan orang salah kaprah mengenai giveaway dan kontes. Apa sih beda nya ? Kenapa nggak boleh nyamain giveaway sama kontes?

Jadi begini bloggers, kalau kontes itu, pemenangnya dipilih dari berdasarkan kualitas entri mereka, kalau giveaway pemenangnya dipilih secara random, pakai random.org. 
Cara nya : Setiap post / entri dari komen atau media sosial kamu kasih nomer. Kemudian pakai random.org untuk memilih nomer pemenangnya. Gampang kan ?

3. Jangan buat deadline nya kelamaan

7 - 10 hari biasanya sudah cukup. Kalau kelamaaan, biasanya pembaca kamu lupa akan giveaway kamu atau sudah nggak berminat lagi. 

4. Jangan kasih terlalu banyak syarat buat partisipan

Kebanyakan giveaway meminta pembaca atau pengikut giveaway untuk komen agar bisa ikut. Seringnya, ada syarat seperti blogging, atau harus tweet tentang giveaway, jadi follower, pasang badge di website mereka. Alasan kenapa jangan terlalu banyak syaratnya sih, karena biasanya partisipan nya akan menilai worth it nggak barang yang akan mereka dapet in sama effort mereka. 

Solusi nya, kasih syarat wajib meninggalkan komen di blog mu.
Terus kasih tawaran optional, contoh : " Dapet poin tambahan kalau kamu jadi Facebook Fan kami. "
Jadi yang bener2 suka sama blog mu akan follow blog mu, dan yang lain tidak akan merasa terintimidasi.

5. Cantumkan Peraturan untuk Berpartisipasi dalam Giveaway kamu dengan Sejelas-jelas nya
Jangan lupa di akhir pos kamu, cantumkan dengan jelas Peraturan Giveaway.
Yang harus ditetapkan antara lain : tanggal berakhirnya giveaway, apakah giveaway kamu bisa diikuti secara internasional atau tidak, bagaimana pemenang dipilih, dan beri peraturan yang jelas bahwa kamu akan memilih pemenang baru apabila pemenang pertama tidak merespon selama batas waktu yang ditentukan.
(Contoh :" Jika pemenang tidak merespon dalam batas waktu 7 hari, maka pemenang baru akan dipilih."

6. Manfaatkan Media Sosial dengan Maksimal

Tweet atau pos di facebook dan twitter tiap hari, setiap 4 jam atau 5 jam, jangan terlalu berlebihan, selain kamu akan terlihat memaksa, kamu beresiko untuk membuat follower kamu sebal. 

7. Hosting giveaway kamu di blog lain 

Kalau blog kamu masih memiliki follower yang sedikit, temukan Blog giveaway atau blog yang popular dan memiliki target audience yang sama dengan blog mu. Kemudian kamu bisa mengontak pemilik blog dan tanya apakah dia mau untuk memposting giveaway mu di blog mereka, jangan lupa berikan link ke blog post mu. Meski blogger yang tidak biasa mengadakan giveaway biasa nya mau menerima ide kamu, jadi tidak masalah kan, yang penting mencoba.

8. Perlakukan Pemenang seperti Pelanggan Terbaik

Begitu pemenang sudah didapat, penting banget untuk menganggap pemenang ini sebagai pelanggan terbaik kamu. E mail pemenang segera, bungkus paket barang secepatnya, dan beri info bahwa gift kamu sudah dipaket kan. Sisipkan tulisan tangan untuk berterimakasih pada pemenang karena sudah berpartisipasi. 
Meskipun pemenang kamu mendapat barang gratis, dia tetap pelanggan ( lebih bagus lagi, calon follower/ buyer tetap di web/ blog kamu) kesan pertama begitu mengagumkan, selanjutnya terserah anda

Post a Comment

0 Comments